Just another Wadah Aspirasi dan Kreasi Mahasiswa UGM Sites site

PENGARUH SOSIAL MEDIA DI KALANGAN MASYARAKAT

February21

PENGARUH SOSIAL MEDIA DI KALANGAN MASYARAKAT

 

Teknologi informasi sudah maju pada zaman sekarang. Perkembangan teknologi informasi di era globalisasi ini semakin maju. Bukti adanya perkembangan teknologi informasi yang sudah maju adalah hadirnya internet. Internet merupakan jaringan yang dapat digunakan dalam cakupan yang luas. Hadirnya internet semakin lama semakin dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kegiatan sosialisasi, pendidikan, bisinis, dan lain sebagainya. Di era internet ini semakin banyak bermunculan handphone pintar atau sering disebut samrtphone yang dapat mengakses internet, sehingga kita tidak perlu repot mengakses internet melalui computer. Menjamurnya smartphone yang dapat mengakses internet secara praktis dan mudah mulai bermunculan sosial media yang merupakan sebuah aplikasi cnggih. Sosial media atau media sosial adalah sebuah media online dimana pun penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan dapat menghubungkan setiap orang yang tergabung dalam sosial media atau media sosial yang sama untuk berbagi informasi dan komunikasi. Untuk mengakses sosial media tentunya menggunakan internet, sehingga dapat cepat dan tidak terbatas.

Sosial media pada zaman sekarang terdapat berbagai macam, namun sosial media yang terbesar dan paling sering digunakan pada kalangan masyarakat adalah facebook, twitter, instagram, kaskus, line, wahtsapp, dan blackberry messenger. Masing-masing sosial media tersebut mempunyai keunggulan khusus dalam menarik banyak pengguna dan tentunya mempunyai kerugian bagi penggunanya. Pesatnya perkembangan sosial media dikarenakan semua orang dapat memiliki sosial media sendiri tanpa biaya dan dapat dilakukan sendiri dengan mudah. Pengaruh penggunaan sosial media bagi pengguna tentunya sangat besar. Pengaruh tersebut dapat berupa hal yang positif maupun negatif.

Pengaruh positif dari sosial media sangat banyak. Melalui sosial media kita dapat saling berbagi apresiasi, tidak hanya pengguna sosial media tersebut yang tahu tetapi orang lain pun bias ikut tahu. Sosial media juga dapat dijadikan jembatan komunikasi bagi penggunanya. Contohnya seperti facebook yang merupakan salah satu sosial media. Melalui facebook pengguna dapat bertemu dan bercengkrama dengan teman-teman lama, yang sudah lama tidak bertemu, dapat pula menemukan teman baru. Facebook dapat menjadi wadah bagi para pebisnis maupun pengusaha yang ingin mempromosikan barang dagangannya dengan cara mengunggah foto didalamnya.

Selain facebook, sosial media seperti twitter menjadi favorit bagi penggunanya. Melalui twitter dapat lebih mudah berbagi foto, video,dan informasi dengan mudah dan cepat. Twitter juga dapat mempermudah mengetahui informasi mengenai kemacetan di sejumlah jalan dan mengetahui berita yang terbaru. Selain twitter, sosial media yang dapat digunakan untuk berbagi foto dan video adalah instagram, namun instagram tidak dapat digunakan untuk berkomunikasi. Line, whatsapp, dan blackberry messenger merupakan sosial media yang sering digunakan untuk berkomunikasi. Dengan media sosial tersebut pengguna dapat lebih mudah berkomunikasi dan berbagi informasi dengan mudah dan cepat.

Sosial media tidak selamanya  memiliki pengaruh positif bagi penggunanya, namun terdapat pula pengaruh negative. Seperti facebook, yang menjadi ajang berkenalan orang-orang satu sama lain. Bila berkenalan dengan maksud positif tidak masalah, yang menjadi masalah apabila berkenalan bermaksud jahat. Dengan melihat foto-foto yang diunggah dapat mengundang orang untuk berniat jahat. Misalnya, setelah saling bertemu mungkin dapat dihipnotis dan perilaku jahat lainnya. Selain itu sosial media juga dapat menghambat aktifitas dan menjadi malas, karena para pengguna lebih tertarik dengan update terbaru dari sosial media. Dari sosial media terdapat berbagai pengaruh positif dan negatif sebagai pengguna harus lebih pintar memanfaatkannya. Semua tergantung dari pengguna, akan digunakan untuk hal positif atau negatif.

Email will not be published

Website example

Your Comment: